Menteri Agama : Muslim Boleh Ucapkan Selamat Natal



Menteri Agama : Muslim Boleh Ucapkan Selamat Natal



Menteri Agama Suryadharma Ali

 Kaum Muslim di Indonesia boleh mengucapkan "Selamat Natal" kepada kaum Kristiani yang sedang merayakan Natal. Ini bukan untuk ikut ritual agama Kristen atau Katholik, melainkan wujud toleransi kepada umat beragama yang berbeda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
"Ini (ucapan selamat Natal) boleh, ini bukan ritual. Ini penghargaan atas sesama kaum beragama dan sesama masyarakat Indonesia," kata Menteri Agama, Suryadharma Ali, di Jakarta, Senin (24/12/2012).
Beberapa waktu belakangan ini, mencuat kontoversi seputar wacana ucapan "Selamat Natal" oleh umat Islam kepada umat Kristiani (Protestan atau Katholik). Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amien, misalnya, pernah menyatakan, bahkan ucapan itu dianggap haram. Pendapat ini tidak disetujui sebagian ulama lain karena ucapan itu dinilai sebagai ekspresi toleransi dan tidak akan menganggu keimanan seorang Muslim.
Suryadharma Ali mengungkapkan, pendapat bahwa ucapan "Selamat Natal" adalah haram itu perlu dilihat, apakah pernyataan tersebut sebagai fatwa atas nama lembaga atau pendapat pribadi. Meski ada pendapat semacam itu, sebenarnya arus utama masyarakat Muslim di Indonesia tetap merujuk kepada sikap pemerintah.
"Selama ini pemerintah tidak mempersoalkan ucapan 'Selamat Natal' atau hari raya agama lain. Presiden, wakil presiden, dan menteri agama selalu menghargai perayaan Natal bersama," katanya.
Menurut Suryadharma, ucapan selamat Natal merupakan wujud toleransi yang selama ini kita bangun di Indonesia. "Jadi, ucapan Natal itu boleh. Itu penghargaan atas sesama umat beragama di Indonesia," katanya.
Meski demikian, Menteri Agama juga menghargai atas adanya pendapat yang berbeda. " Kalau ada yang tak setuju (dengan sikap pemerintah), kita hormati juga," katanya.
Dia menjelaskan, dalam hukum Islam, ulama selalu merujuk pada sumber-sumber hukum, yaitu Al Quran, Sunnah, ijma, dan qiyas. Meski rujukan sama, ulama yang memiliki kedalaman ilmu dapat mengkaji masalah dengan pendekatan yang berbeda-beda. Hasilnya juga bisa berbeda

sumber: http://nasional.kompas.com/read/2012/12/24/20523543/Menteri.Agama.Muslim.Boleh.Ucapkan.Selamat.Natal
.


12 komentar:

  1. walau beda agama tetep satu hati, jadi ya gak terlalu maslah banget sih mau nguapin selamet natal buat orang muslim ke non muslim yang penting gak saling menyakiti aja

    BalasHapus
  2. klo menurut saya sih boloh2 aja, toh menghargai perbedaan.

    sob, bantu komentar di postingan saya ttg Asuransi Syariah ya, makasi

    BalasHapus
  3. Setuju nih.. Toleransi antar umat beragama harus tetap selalu dijaga

    BalasHapus
  4. mantap gan :) bermanfaat

    BalasHapus
  5. Saya setuju dengan pendapat ini,karena sekedar ucapan selamat bukan mengikuti ritual ibadah natalnya.

    BalasHapus
  6. aku ga setuju sma mentri agama ittu..
    ini alasannya
    http://rohis-facebook.blogspot.com/2012/12/inilah-alasannya-mengapa-ucapan-selamat.html

    BalasHapus
  7. Setuju Lah...
    sama halnya misal kita mengucapkan Happy anniversary kepada pasangan lain, apakah berarti mengganggu hubungan dengan pacar sendiri ?? jelas tidak kan, hehe

    BalasHapus
  8. wah kebijakan yang relefan nih,,walau bagaimana negara kita adalah negara yang beragam dalam menganut kepercayaan,,tp semua adalah satu tujuan yaitu mencari keselamatan dan keridona-NYA cuma caranya saja yang berbeda-beda ! makasih info nya TIA :)

    BalasHapus
  9. Masalah seperti ini memang bisa jadi hal sensitif ya. Setiap orang bisa punya prinsip2 masing; tapi saya termasuk yang mengucapkan selamat, dengan alasan toleransi dan pro indahnya perbedaan.

    BalasHapus
  10. Menteri Agama : Muslim Boleh Ucapkan Selamat Natal.
    ini masalah kontroversial yang sudah menjadi pembicaraan semenjak dulu.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar.
No Iklan, No Spam, No Porn.
Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Thankyou guys <3

 
Return to top of page Copyright © 2018 | Powered by Blogger Modified by TIA BLOG